Senin, 08 Februari 2016

laporan pengembangan diri



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

Pada tahun pelajaran 2013/2014 semua Sekolah Dasar (SD) di seluruh Indonesia akan melaksanakan Kurikulum 2013 pada kelas I, II, IV dan V. Sebelum melaksanakan Kurikulum 2013, sejumlah guru dari setiap sekolah diberikan pelatihan.
Pada tahun 2013, implementasi Kurikulum 2013 dilaksanakan pada Kabupaten/Kota. Seluruh guru dilatih sebelum mulai melaksanakan Kurikulum 2013. Meskipun telah memperoleh pelatihan, mereka masih memerlukan pendampingan di sekolah yang secara langsung dapat membantu mereka melaksanakan Kurikulum 2013. Pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 yang diberikan kepada seluruh  kabupaten/kota pada tahun 2013 dirasakan sangat membantu sekolah.
Memperhatikan bahwa selain pelatihan sekolah memerlukan dukungan dalam melaksanakan Kurikulum 2013 dan mempertimbangkan bahwa pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 yang diberikan pada tahun 2013 kepada kabupaten/kota terbukti sangat membantu sekolah, maka pada tahun 2014 Direktorat Pembinaan SD akan memberikan pendampingan pelaksanaan kurikulum kepada semua SD di seluruh wilayah Indonesia.
                                                                                                 
B.       Landasan Hukum
Kegiatan pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 secara utuh berlandaskan pada ketentuan perundang-undangan sebagai berikut:
1.     Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2.     Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
3.     Undang-Undang RI Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Nasional Tahun
      2005-2025;
4.     Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru;
5.     Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013 tentang  Perubahan Atas Peraturan
      Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
6.    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar
     Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah;
7.     Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar
      Proses Pendidikan Dasar dan Menengah;
8.     Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 66 tahun 2013 tentang Standar
      Penilaian Pendidikan;
9.     Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka
      Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah;
10.  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks
      Pelajaran dan Buku Panduan Guru untuk Pendidikan Dasar dan Menengah;
11.   Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 81A Tahun 2013 tentang
      Implementasi Kurikulum.
12.   Surat Edaran Mendikbud Nomor 156928/ MPK.A/KR/2013 Tanggal 08 November 2013 tentang
      Implementasi Kurikulum 2013
13.  Surat Edaran Bersama Menteri Dalam Negeri RI dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI
      Nomor: 420/176/SJ dan Nomor: 0258/MPK.A/KR/2014, Hal: Implementasi Kurikulum 2013.

C.    Fokus Pelatihan
Data yang diperoleh melalui monitoring dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 oleh Direktorat Pembinaan SD menunjukkan bahwa pengetahuan yang diperoleh para guru dari pelatihan Kurikulum 2013 kurang memadai; sebagian besar guru belum dapat merencanakan pembelajaran (menyusun RPP) yang memenuhi prinsip-prinsip pembelajaran pada Kurikulum 2013 dengan baik; pada umumnya guru belum dapat mengembangkan instrumen penilaian dengan baik; sebagian besar guru belum dapat menyajikan pembelajaran dengan pendekatan ilmiah; dan sebagian besar guru belum mengetahui cara mengelola nilai dengan baik. Selain itu, pada umumnya sekolah belum mantap dalam menyelenggarakan muatan lokal, ekstrakurikuler, dan penelusuran minat peserta didik.
Memperhatikan hal tersebut, fokus pelatihan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tahun 2014 meliputi pemantapan pengetahuan guru terhadap Kurikulum 2013 yang mencakup SKL, kerangka dasar dan struktur kurikulum SD, standar proses, standar penilaian dan pengisian buku laporan hasil pencapaian kompetensi (rapor) peserta didik, buku guru, buku siswa, muatan lokal, matrikulasi (bridging course), bimbingan dan konseling, ekstrakurikuler.

D.      Tujuan
Tujuan umum dilaksanakannya pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tingkat SD adalah memberi penguatan kepada sekolah agar dapat melaksanakan Kurikulum 2013 dari tahapan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pencapaian kompetensi peserta didik dengan baik.
Tujuan khusus pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 adalah meningkatkan kemampuan guru sehingga mampu dalam:
1.         menyusun RPP;
2.         menyusun instrumen (termasuk rubrik) penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
3.         menyajikan pembelajaran dengan langkah-langkah pendekatan ilmiah;
4.         melaksanakan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
5.          mengelola nilai peserta didik (termasuk mengisi buku laporan pencapaian kompetensi peserta didik);
6.         memahami buku guru, buku siswa, dan mengadaptasi bahan ajar;
7.         melaksanakan muatan lokal;
8.         merencanakan kegiatan ekstrakurikuler;
9.         menelusuri bakat dan minat peserta didik;
10.     melaksanakan matrikulasi (bridging course);
11.     mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pada RPP guru;
12.     mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pada instrumen penilaian;
13.     melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran dan penilaian yang mereka laksanakan untuk
 mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya, yang selanjutnya dapat melakukan perbaikan secara terus-menerus.

E.       Hasil yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan pendampingan adalah:
1.    Guru semakin memahami:
a.    kerangka dasar dan struktur kurikulum 2013, yang meliputi: rasional, filosofi, konsep, kaidah, prinsip, makna, dan elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL, KI dan KD sampai dengan strategi pelaksanaan Kurikulum 2013;
b.   isi buku siswa dan buku guru beserta penggunaannya;
c.    proses pembelajaran;
d.   proses penilaian;
e.    pelaksanaan muatan lokal;
f.     pelaksanaan ekstrakurikuler;
g.   penelusuran bakat dan minat;
h.   pelaksanaan matrikulasi (bridging course)
2.    Guru semakin terampil dalam:
a.    menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran;
b.   mengelola pembelajaran;
c.    menyusun instrumen penilaian;
d.   melaksanakan penilaian termasuk pengisian laporan hasil pencapaian kompetensi (rapor) peserta didik;
e.    menyelenggarakan muatan lokal;
f.     menyelenggarakan ekstrakurikuler;
g.   melaksanakan penelusuran minat peserta didik;
h.   menyelenggarakan matrikulasi (bridging course);




























BAB II     
PELAKSANAAN PELATIHAN
                       A.       Persiapan
        Persiapan kegiatan pelatihan kurikulum 2013 tingkat SD tahun 2014 dilakukan di TPK SDN 03 PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS yang di tunjuk sebagai kluster induk dengan melakukan beberapa kegiatan yakni :
1.      Pembentukan Panitia Pelaksana
2.      Rapat Persiapan Pelaksanaan
3.      Menyusun jadwal kegiatan pendampingan kurikulum 2013 tingkat SD tahun 2014.
4.      Mensosialisasikan kegiatan kepada guru – guru yang masuk ke dalam program kegiatan
      pendampingan kurikulum 2013 tingkat SD tahun 2014.

                          B.       Pelaksanaan
        Pelaksanaan kegiatan pelatihan kurikulum 2013 tingkat SD tahun 2014 dilaksanakan di SDN 03 PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS
JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN
TANGGAL
NAMA KEGIATAN
TEMPAT PELAKSANAAN
21 – 6 - 2014
melaksanakan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan
SDN 03 PEMANGKAT
22 – 6 – 2014
penelusuran bakat dan minat
SDN 03 PEMANGKAT
23 – 6 -  2014
menyusun instrumen penilaian
SDN 03 PEMANGKAT
24 – 6 -  2014
menyusun RPP
SDN 03 PEMANGKAT
25 – 6 -  2014
menyusun RPP
SDN 03 PEMANGKAT




                          C.        Hasil Pelatihan
Hasil dari pelaksanaan kegiatan pelatihan kurikulum 2014 tingkat SD tahun 2014 adalah :
1.   Guru semakin memahami:
a.         Kerangka dasar dan struktur kurikulum 2013, yang meliputi: rasional, filosofi, konsep, kaidah,
prinsip, makna, dan elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL, KI dan KD sampai dengan
strategi pelaksanaan Kurikulum 2013;
b.         Isi buku siswa dan buku guru beserta penggunaannya;
c.          Proses pembelajaran;
d.        Proses penilaian;
e.         Penelusuran bakat dan minat;

2.   Guru semakin terampil dalam:
a.         Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran;
b.         Mengelola pembelajaran;
c.          Menyusun instrumen penilaian;
d.        Melaksanakan penilaian
e.         Melaksanakan penelusuran minat peserta didik;

                         





















BAB III
PENUTUP

                          A.       Simpulan
Dilaksanakannya pelaksanaan pelatihan Kurikulum 2013 pada tingkat SD adalah memberi penguatan kepada sekolah agar dapat melaksanakan Kurikulum 2013 dari tahapan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pencapaian kompetensi peserta didik dengan baik.
Disamping itu,pelaksanaan kegiatan diharapkan agar  :
1.      Guru semakin memahami:
a.       kerangka dasar dan struktur kurikulum 2013, yang meliputi: rasional, filosofi, konsep, kaidah, prinsip, makna, dan elemen perubahan kurikulum berdasarkan SKL, KI dan KD sampai dengan strategi pelaksanaan Kurikulum 2013;
b.       isi buku siswa dan buku guru beserta penggunaannya;
c.       proses pembelajaran;
d.      proses penilaian;
e.       pelaksanaan ekstrakurikuler;
f.       penelusuran bakat dan minat;

2.      Guru semakin terampil dalam:
a.       menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran;
b.      mengelola pembelajaran;
c.       menyusun instrumen penilaian;
d.      melaksanakan penilaian termasuk pengisian laporan hasil pencapaian kompetensi (rapor) peserta didik;
e.       menyelenggarakan ekstrakurikuler;
f.       melaksanakan penelusuran minat peserta didik;

                          B.        Saran-saran
     Dalam kegiatan pelaksanaan pelatihan Kurikulum 2013, sebaiknya di upayakan agar memberikan pelatihan kurikulum 2013 kepada guru di sesuaikan dengan jurusan yang di ajarkannya masing-masing. Seperti guru olahraga harusnya ada juga pelatihan kurikulum 2013 khusus guru olahraga saja. Tidak digabungkan dengan guru-guru kelas lainnya.

1 komentar:

  1. How to Play Baccarat at a casino | Worrione.com
    Baccarat is a relatively new game, and although it has been around for choegocasino quite some 바카라 사이트 time, it has recently deccasino gained popularity for its simplicity. In

    BalasHapus